Cara buat kartu kuning DISNAKER

 KARTU KUNING

 

Cara membuat kartu Kuning di DISNAKER begitu mudah sekali karna sesuai dengan pengalaman saya sendiri di DISNAKER Kab.Tulungagung, (Gambar diatas hanya contoh yang diambil dari google), caranya hanya membawa persyaratan sebagai berikut :

  1. Pena
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy Ijazah terakhir
  4. Pas foto ukuran 3×4 sebanyak 2 Lembar (hitam putih)
  5. Datang sendiri, tidak bisa diwakilkan
  6. Bagi yang dulu sudah punya Kartu Kuning, maka harap dibawa untuk dilaporkan (perpanjangan per-6 bulan sekali, kartu hanya berlaku selama 2 tahun)

Cara nya Serahkan semua persyaratan yang sudah kalian siapkan ke petugas DISNAKER (biasanya berada di dekat pintu Masuk) kemudian anda tinggal nunggu panggilan saja, setelah itu dengan waktu yang tidak begitu lama anda akan di panggil masuk (Sesuai dengan banyaknya antrian) dan mengisi data-data yang di perlukan.

 

Prosedur untuk membuat Kartu Kuning di Dinas Ketenaga kerja setempat adalah:

  1. Isi data.
    Kita akan diminta mengisi data pribadi kita langsung dalam Kartu Kuning.
  2. Terima Kartu Kuning.
    Data yang kita isi akan diperiksa kembali oleh petugas yang berwenang. Bila tidak ada data yang salah, foto yang kita bawa akan dipasang pada Kartu Kuning. Selanjutnya Kartu Kuning akan ditandatangani dan distempel oleh petugas yang berwenang. Kartu Kuning tersebut kemudian diserahkan kepada kita.
  3. Legalisir Kartu Kuning.
    Kartu Kuning yang sudah selesai dibuat segera kita fotokopi. Hasil fotokopi itu kita kembalikan kepada petugas yang berwenang untuk dilegalisir. Jumlah fotokopi yang dilegalisir ini sebaiknya memenuhi kebutuhan kita. Jumlah ini tentu terkait dengan jumlah yang perlu kita serahkan dalam proses melamar.

Melihat fakta bahwa Kartu Kuning ini dibutuhkan oleh pelamar PNS/pekerjaan yang lain di instansi swasta sekalipun, maka kemungkinan besar akan ada banyak pelamar yang membuat Kartu Kuning pada rentan waktu tertentu. Oleh karena itu datang lebih pagi ke Dinas Ketenagakerja setempat akan lebih baik.

 

Selain itu, jangan lupa membawa alat tulis. Jangan sampai kita kebingungan mencari pinjaman alat tulis saat harus mengisi data. Walaupun sifatnya tidak krusial, hal ini dapat mempersulit kita sendiri dalam proses pembuatan Kartu Kuning tersebut.

 

Yang terakhir, proses pembuatan Kartu Kuning tidak memerlukan biaya. Biaya yang Anda perlu keluarkan seharusnya hanya biaya transportasi dan fotokopi. Kartu Kuning itu sendiri disediakan gratis untuk para pencari kerja. Hal yang sama juga berlaku untuk proses legalisir Kartu Kuning tersebut.

 

Semoga Bermanfaat!

FacebookTwitterGoogle+LinkedIn

Comments

comments

Gallery

slide3 slide2 slide1
FacebookTwitterGoogle+LinkedIn